Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

Ciri-Ciri Entrepreneur

Tidak sedikit orang lain disekitar kita yang bercita-cita menjadi seorang entrepeneur. Hal itu itu tidak mengherankan karena semua orang yang kaya dan sukses saat ini adalah orang yang memulai usahanya sendiri. Oke kita ambil Steve Jobs yang memulai usahanya dari sebuah garasi rumah, siapa yang tak kenal produk Apple saat ini?. Kalau dipikir-pikir, ada yang terlahir dengan jiwa entrepreneur dan ada yang memang berusaha sekeras mungkin menjadi entrepeneur yang sukses. Saat ini saya tertarik untuk membahasa ciri-ciri seorang entrepreneur, mungkin diantara kita termasuk diantaranya. Cekidot....
1.        Memiliki mimpi besar.
Seorang entrepreneur pasti memiliki mimpi yang besar, bukan mimpi saat tidur ya hahaha. Mereka berani memulai usahanya karena memiliki motivasi yang begitu besar dan berani mengambil segala resiko untuk mewujudkan mimpinya. Yang perlu diingat bahwa seorang entrepreneur tidak meminta pekerjaan, namun ia mampu menciptakan lapangan kerja dan membangun kerajaan bisnis miliknya.
2.        Pandai mengatasi ketakutannya
Seperti yang sudah ditulis atas, seorang entrepreneur mampu mengatasi ketakutannya terhadap segala resiko. Mereka mampu megubah rasa takut mereka menjadi tantangan dan keberanian dalam menghadapi setiap resiko. Dalam menghadapi resiko, tentunya mereka sudah berpikir serta menggunakan perhitungan yang matang. Sehingga mereka tidak hanya berani tetapi juga mampu bertanggung jawab terhadap setiap langkah dan keputusan mereka.
3.         Memiliki cara pandang yang berbeda
Seorang entrepreneur dapat memandang lingkungan sekitar, perubahan trend , masalah yang sedang dihadapinya menjadi sebuah kreativitas guna menciptakan ide-ide bisnis dengan prospek yang cerah. Prospek tersebut akan dijadikan sebagai peluang baru usaha untuk mewujudkan impiannya.
4.         Pemasar sejati atau penjual ulung
Seorang entrepreneur memiliki kemampuan menyusun strategi pemasaran yang mumpuni, tidak hanya sebatas itu. Seorang entrepreneur tentunya memiliki keterampilan berbicara yang sangat baik untuk memikat perhatian orang lain. Semua kemampuan itu dijadikan sebagai modal untuk mengembangkan bisnisnya.

5.         Menyukai tantangan
Saat ini banyak orang atau diantara kita yang terlalu betah di zona nyaman, tidak memiliki kemauan untuk keluar menghadapi kesulitasn. Seorang entrepreneur bosan dalam menjalani hidup yang monoton. Sehingga ia harus keluar dari zona nyaman untuk mencari tantangan baru, dan menciptakan pekuang baru untuk bisnisnya.
6.         Mempunyai keinginan yang kuat.
Seorang entrepreneur tidak pernah menganggap sebuah kegagalan sebagai stasiun hidup terakhir, bagi mereka kegagalan hanyalah awal dari setiap kesuksesan di masa depan. Begitulah keinginan yang begitu besar dari seorang entrepreneur.
7.         Selalu mencari yang terbaik
Ketika banyak orang yang memandang kesuksesan adalah adalah akhir, berbeda dengan seorang entrepreneur yang menganggap kesuksesan adalah proses. Untuk mencapainya, mereka selalu berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk memberoleh buah yang baik. Oleh karena itu, seorang entrepreneur selalu terlihat sempurna dalam setiap langkah-langkahnya dalam mencapai kesuksesan.
8.         Disiplin waktu untuk pemenuhan target
Ini adalah ciri entrepreneur yang paling penting, seorang yang memiliki mimpi besar tanpa adanya kedisiplinan dalam mencapai target akan terlihat sia-sia. Boleh kita tengok negara Jepang yang sukses karena mampu menanamkan kedisipinan sebagai budaya. Hal inilah yang menjadi senjata dari seorang entrepreneur dalam mewujudkan mimpinya. Benar kata orang “time is money”.
9.         Memiliki kemampuan untuk memimpin
Seorang entrepreneur adalah pemimpin bagi dirinya sendiri dan bawahannya. Dengan jiwa kepemimpinan ia mampu memberikan pengaruh dan motivasi untuk dirinya dan orang lain. Seorang entrepreneur memiliki kemampuan mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Kalau kita ingin menjadi entrepreneur kita harus memiliki sifat kepemimpinan. Bagaimana tidak, ketika usaha kita sukses pastrinya kita akan memiliki karyawan.
10.     Pantang menyerah
Ciri yang terakhir adalah pantang menyerah. Seorang entrepreneur memiliki visi dan semangat yang besar. Meraka teak pernah kalah dari hambatan atau tantangan, mereka hanya menganggap hambatan sebagai batu loncatan untuk mencapai kesuksesan. Mereka tidak mau menerima saja setiap kegagalan.


            Begitulah ciri dari seorang entrepreneur, mungkin diantara kita ada yang memiliki satu atau dua atau bahkan semuanya. Semoga dengan tulisan ini kita lebih bersemangat untuk mencapai cita-cita dan mimpi yang besar. Thanks.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar