Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

Langkah-Langkah Memulai Usaha

Menjadi seorang wirausahawan perlu melakukan beberapa langkah tertentu untuk memulai suatu usaha. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah memilih bidang usaha yang diinginkan dan memiliki hasrat serta pengetahuan untuk menjalankannya. Langkah ini akan membantu apabila kita memiliki keinginan yang tinggi dan mudah jenuh. Apabila kita sudah menemukan minat, maka lebih baik dengan segera kita mengasah pengetahuan dan memperbanyak membaca dan keterampilan pada minat yang kita inginkan. Terkadang keterampilan yang kita kuasai berbeda sekali dengan yang terjadi di lapangan. Oleh karena itu perlu untuk belajar dari orang-orang yang telah sukses merintis usaha di bidang tersebut.
Langkah selanjutnya adalah memperbanyak dan memperluas jaringan bisnis dan pertemanan. Tidak dapat dipungkiri bahwa tawaran peluang bisnis dan dukungan pengembangan hadir dari rekan yang ada pada jaringan tersebut. Hal yang perlu diperhatikan adalah seorang wirausahaan adalah mempersiapkan segala sesuatu hal untuk mengahadapi kejadian yang tidak terduga.

Langkah ketiga adalah mengidentifikasi keunikan dan keunggulan dari produk atau jasa yang ditawarkan. Seorang wirausahawan jeli dalam mencari celah pasar yang unik, kita harus mampu memetakan posisi dalam persaingan bisnis. Sehingga perlu untuk memberikan suatu keunggulan yang spesifik pada produk yang ditawarkan dan memiliki nilai tambah. Tentunya konsumen akan lebih memilih produk dengan harga yang tinggi namun kualitas yang baik.
Langkah selanjutnya menjaga kredibilitas dan brand image. Dalam memulai suatu usaha, wirausahawan harus memperhatikan nama baik, kredibilitas, dan pandangan orang terhadap produk atau jasa kita. Hendaklah seorang wirausahawan tidak mengecewakan konsumen dalam hal yang terkesan sepele, seperti keterlambatan pengiriman produk. Untuk menguasai suatu pangsa pasar, wirausahawan haru menghindari complain dari konsumen.

Langkah terakhir adalah berhemat dalam operasionalsecara terencana serta menyisihkan uang untuk modal kerja dan penambahan investasi alat-alat produk atau jasa. Hal ini sering dilupakan oleh wirausahawan yang sudah memiliki banyak konsumen. Apabila uang yang diperoleh sudah banyak, maka mereka akan cenderung membeli mobil mewah dan lain-lain. Hal itu tidak salah, namun akan lebih baik jika dana yang terkumpulkan diinvestasikan lagi untuk memperoleh keuntungan yang jauh lebih besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar