Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

Kisah Inspiratif Seorang Pedagang Sembako

Oke, ini tulisan pertama ane di blog ini. Tulisan inin berkisah mengenai kisah seorang pedagang yang cukup saya kenal. Pedagang ini sudah memulai usahanya sekitar tahun 1989. Sebut saja namanya Pak Hafizh Hahahaha. Oke langsung saja kita mulai. Eng..Ing..Eng......!
            Pak Hafizh ini berlatang belakang sebagai anak dari seorang Ayah yang kaya raya pada saat itu, keluarganya cukup disegani dari dulu hingga sekarang. Ibu beliau sudah meninggal pada saat beliau masin anak-anak, ya sekitar kelas 6 SD. Semenjak itu, kehidupan beliau hancur, bisa dimaklumi bagaimana anak ditinggal seorang oleh seorang Ibu yang dicintainya. Kehidupan beliau mulai tak memiliki arah, bisa dikatakan sebagai anak yang nakal. Memiliki ibu tiri yang tidak mencintainya, memiliki ayah yang tidak terlalu memberikan perhatiaannya, serta memiliki harta yang tak pernah bisa disentuhnya. Singkat cerita beliau memiliki saudara kandung dan tiri belasan orang. Banyaaak hahaha
            Ketika beliau tamat SMA, beliau ingin kuliah di salah satu universitas negeri di kampung halaman beliau. Ketika semua temannya memiliki lebih dari satu formulir pendaftaran, beliau hanya memiliki 1 formulir. Dan ga lulus akhirnya, sementara teman-teman beliau berhasil masuk kuliah di universitas tersebut. Maklum ayah beliau tidak terlalu memperhatikannya. Selain itu, nilai beliau selama bersekolah juga tidak terlalu bagus.
            Beliau tidak berhasil kuliah, namun beliau bercita-cita menjadi seorang polisi seperti kakak laki-laki beliau. Namun, ayah beliau melarang beliau untuk masuk Polisi, ayah beliau melah meminta beliau untuk menjadi seorang pedagang saja. Karena menurut ayah beliau, Pak hafizh memiliki naluri bisnis yang sangat baik. Yah memang pak hafizh tak terlalu diperhatikan, namun Pak Hafizh selalu diajarkan oleh ayah beliau bagaimana cara menjalani bisnis, dan cara berdagang yang baik. Kehidupan yang keras mengajarkan beliau bagaimana menjalani hidup hingga sekarang :”(
            Oke, akhirnya beliau menikah dengan seorang wanita yang rumahnya tidak terlalu jauh dari rumah ibu beliau. Wanita inilah yang bisa merubah hidup dari Pak Hafizh. Kalau boleh jujur Pak Hafizh dulunya jarang beribadah, semenjak menikah Pak Hafizh sedikir demi sedikit mulai rajin dalam beribadah. Maklum wanita ini memiliki latar belajang agama yang kuat. Meski pernikahan mereka banyak ditentang oleh keluarga si wanita, karena Pak Hafizh terkenal sangat nakal dan ayah pak hafizh yang palyboy hahaha, keluarga istri paka hafizh takut nantinya pak hafizh juga ikutan palyboy. AHAHAHAH.
            Tahun 1988 beliau hijrah ke salah satu daerah yang memiliki pasar yang cukup hebat dulunya, sekarng sudah tidak lagi. Beliau mulai berdagang bersama istrinya dengan menggunakan gerobak, membawa barang dagangannya ke pasar pagi-pagi hingga malam hari. Beliau hanya diberikan modal oleh ayahnya sebuah vespa, kemudian beliau menjualnya untuk dijadikan modal untuk berdagang. Beliau tidak meminta lebih kepada ayahnya yang terkenal sangat disiplin dan keras.
            Disitulah awal kehidupan berdagang dari Pak Hafizh, dimulai dari menjajahkan sebuah gerobak menjajahkan dagangan untuk mencari sesuap makanan. Ketika saya tanya rumahnya, beliau hanya tinggal dirumah yang berdindingkan kayu, beratapkan dedaunan, lantai yang terbuat dari papan. Beliau tidur di atas lipatan kardus, bantal dari gulungan tali. Mandi dengan menggunakan air yang sangat keruh. Sejenak saya berpikir, bagaimana mungkin beliau hidup seperti itu sedangkan ayah beliau sangat kaya raya. Akhirnya setelah beberapa waktu beliau bisa menyewa sebuah warung kecil-kecilan dimana beliau tinggal di belakang warung tersebut. Saat itu beliau selalu dibantu berdagang oleh saudara istrinya saat berdagang, kadang-kadang istri beliau memberikan uang jajan kepada saudaranya tanpa sepengetahuan pak Hafizh saat itu. Tahun 1991 lahirlah anak pertama beliau, dan tahun 1992 lahirlah anak kedua beliau di istana gubuk beliau. Saat anaknya lahir, Pak Hafizh menangis pertama kalinya di depan istrinya, yah itulah pengakuan dari Istri beliau. Romantis yah :)
            Pak Hafizh punya satu prinsip yang sangat saya kagumi, bagaimanapun keadaan keuangan beliau, beliau tidak menginginkan makanan yang tidak bergizi untuk keluarganya. Oke singkat cerita, Tahun 1994 beliau memberanikan diri pindah ke salah satu ibukota kabupaten tempat beliau dilahirkan, menyewa sebuah ruko yang terbilang besar, padahal beliau tidak memiliki uang yang cukup untuk menyewanya. Beliau terinspirasi dari kakak iparnya yang sudah cukup sukses berdagang disana. Hidup beliau sedikir membaik, tidak kurang dan tidak lebih. Tahun 1996 lahirlah anak ketiga beliau, entah kenapa anak ketiga ini membawa kehidupan yang lebih baik bagi keluarga Pak Hafizh, beliau sudah memiliki langganan yang cukup banyak.
            Masih ingat krismon tahun 1998 dan 1999? Yah saat itu beliau berkeyakinan bahwa tahun berikutnya harga properti akan naik. Beliau membeli dua tanah, satu untuk membangun ruko untuk disewakan, satu untuk membangun rumah yang beliau tinggali sekarang. Ane kagum melihat insting buaya beliau yang sangat jeli, bagaimana beliau memiliki rumah yang besar dan ruko saat awalnya beliau hidup dalam kesusahan. Setelah membangun ruko dan rumah, beliau sudah tidak memiliki uang beliau, beliau menjalani hidup seperti biasanya, tak kurang dan tak lebih.
            Awal tahun 2000 beliau mengalami sedikit kompetisi berdagang yang sangat ketat, bayangkan ketika semua pedagang ramai-ramai menetapkan harga yang murah, beliau tetap beusaha mempertahankan harga. Bagi beliau, dalam berdagang yang dicari adalah uang, kalau pelanggan banyak, untuk Cuma 500 buat apa? Lebih baik 1 namun untung 5000. Wah benar juga. Untuk menghadapinya beliau membeli dua mobil secara kredit, satu mobil pribadi, dan satu mobil bak untuk menjajahkan dagangan ke daerah tertentu. Beliau berangkat dari siang hingga malam hari bergadang dengan menggunakan mobil ke suatu desa, dan istrinya yang manjaga toko. Hingga 2-3 tahun kehidupan beliau seperti itu, kemudian beliau sadar, beratnya usaha beliau saat itu tidak menghasilkan apa-apa, hanya cukup untuk makan. Bagi beliau itulah periode terberat beliau saat pindah. Tahun 2006 alhamdulillan beliau bisa berangkat haji bersama istrinya, dengan berat hati meninggalkan anak-anaknya. Saat beliau naik haji, anak-anaknya lah yang menjalankan usahanya. Semenjak anaknya masih kecil beliau sudah mengajarkan kepada anaknya bagaimana cara berdagang, mungkin masa kecil anaknya tidak bahagia hahaha bayangkan dari shubuh sudah harus membantu orang tuanya, dan sama sekali tidak memiliki waktu untuk menonton acara kartun kesukaannya.
            Begitulah cara beliau mendidik anaknya, sangat disiplin dalam segala aspek. Usaha beliau mengalami puncaknya setelah beliau naik haji, yah kira-kira omsetnya sekitar 500an juta tiap bulannya. Saat itu beliau mulai membeli tanah untuk dibangun ruko yang akan disewakan, hingga sekarang. Beliau tak pernah ingin hidup dalam kemewahan, tak pernah pakaian mahal yang dikenakannya, kata istri beliau semua dipersiapkan untuk anak-anaknya kelak.  
            Sekarang kehidupan beliau berjalan dengan tenang, saat semua pedagang buka dari pagi hari dan tutup saat malam hari. Beliau mulai berdagang pada pukul 10.00 dan tutup lagi pukul 11.30, buka lagi pukul 13.00 dan tutup lagi pukul 17.00. Hanya 5,5 jam beliau berdagang, bagi beliau semuanya sudah tercukupi, beliau bersyukur atas apa yang diterimanya. Beliau hanya menikmati apa yang ada, anak pertama beliau sudah lulus S2, dua yang lainnya dalam perjalanan menyelesaikan S1. Bayangkan beliau hanya lulus SMA, bisa menyekolahkan anaknya hingga sejauh ini. Beliau tak pernah lagi merasakan kekurangan, ketika semua pedagang melakukan peminjaman sebagai modal untuk berdagang, namun tidak bagi beliau. Beliau mampu melayani konsumennya seperti keluarga sendiri, memberikan bantuan jika mereka mengalami kesusahan.
            Strategi beliau dululah yang membuat beliau seperti saat ini, beliau sadar bahwa kredit dalam bentuk apapun itu berbahaya. Beliau selalu memanfaatkan uang yang ada dengan investasi pada tanah dan ruko. Sehingga hasilnya dapat dituai di masa yang akan datang. Satu hal lagi yang saya ambil pelajaran dari beliau, usaha tanpa mendekatkan diri kepada pemilik kekayaan itu percuma dan sia-sia. Beliau sangat berterimakasih kepada Allah, istrinya, anak-anaknya, dan kepada ayah beliau yang sudah memberikan kehidupan yang disiplin di masa lalu. Terakhir saya bertanya pada diri saya sendiri, bagaimana anaknya nanti mampu melebihi pencapaian ayahnya, dan bagaimana mereka membalas kebaikan orang tuanya?

5 komentar:

  1. ini kisah nyata saya . . . .

    perkenalkan nama saya SERI WAHYUNI, saya berasal dari kota Bandung saya bekerja sebagai seorang karyawan di salah satu perusaan Yogyakarta.dimana saya sudah hampir kurang lebih tiga tahun lamanya saya bekerja di perusaan itu.

    Keinginan saya dan impian saya yang paling tinggi adalah ingin mempunyai usaha atau toko sendiri,namun jika hanya mengandalkan gaji yah mungkin butuh waktu yang sangat lama dimana belum biaya kontrakan dan utan yang menumpuk justru akan semakin sulit dan semakin lama impian itu tidak akan terwujud

    saya coba" buka internet dan saya lihat postingan orang yg sukses di bantu oleh seorang kyai dari sana saya coba menghubungi beliau, awalnya saya sms terus saya di suruh telpon balik disitulah awal kesuksesan saya.jika anda ingin mendapat jalan yang mudah untuk SOLUSI MUDAH, CEPAT LUNASI UTANG ANDA, DAN MASALAH EKONOMI YG LAIN, TANPA PERLU RITUAL, PUASA DLL. lewat sebuah bantuan penarikan dana ghoib oleh seorang kyai pimpinan pondok pesantren sundoko.dan akhirnya saya pun mencoba menghubungi beliyau dengan maksut yang sama untuk impian saya dan membayar hutang hutang saya.puji syukur kepada tuhan yang maha esa melalui bantuan beliau.kini sy buka usaha distro di bandung.
    Sekali lagi Saya mau mengucapkan banyak terimah kasih kepada kiyai sundoko atas bantuannya untuk mencapai impian saya sekarang ini. Untuk penjelsan lebis jelasnya silahkan >>>>>>>>SOLUSI TEPAT KLIK DISINI<<<<<<<<<
    Anda tak perlu ragu atau tertipu dan dikejar hutang lagi, Kini saya berbagi pengalaman sudah saya rasakan dan buktikan. Semoga bermanfaat. Amin.Atau Hub No : 085- 298- 609-998. H.ERLANGGA.

    BalasHapus
  2. maaf ya,ini cuma mau menyampaikan kalau kita minta bantuan ama orang kita harus hati2 ya,jagan sampai ketipuan ama orang yang tak bertanggun jawab,ini mau cerita sedikit kesuksesan aku dibantu ama orang yang atas nama ki songo.dia betul pintar,bagia anda mau seperti aku telpon kisongo di 0852 1751 9919 atau klik web di www.paranormal-kisongo.blogspot.com,dia bisa bantu degan jalan,pesugihan,pelet,togel,uang balik,jodoh,bisnis,kerjaan,dan lainya,terima kasih

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua,
    Sengaja ingin menulis sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan ataupun dalam usaha biar lancar.
    Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar 800juta saya stres hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu dengan ki sholeh pati, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI SHOLEH PATI kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada. Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya sering menyarankan untuk menghubungi KI SHOLEH PATI di 0852-1905-3025 agar di berikan arahan. Toh tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sama baik, jika ingin seperti saya coba hubungi KI SHOLEH PATI pasti akan di bantu

    BalasHapus
  4. hai''''semuany ap kbrni...mau cerita penggalaman,aq salah satu pengganguran tak punya kerja tetap tapi aq udah ber rumah tangga syukur udah punya anak 3.tapi aq slalu berusaha cr jalan untuk masalah ekonomi keluarga,aq temukan atas nama ki songo dgn noy,085217519919 atau blog dia di www.paranormal-kisongo.blogspot. com awalnya aq takut,penasaran dan takut berdosa ama yg kuasa tp aq cerita am beliau dan dia berikan saran,aq mulai percaya dan 3hari kemudian aq tunggu hasilnya betul nytah dan ada,berkat kisongo aq sekaran udah ada perubahan terima kasih ki,bg anda mau sperti aq slkn berurusan dgn aki yg pting anda sopan.wassalam

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .



























































































































































    Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .


    BalasHapus