Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

PENDAPAT PARA PAKAR MENGENAI KEWIRAUSAHAAN

Wirausaha merupakan orang yang mengorganisir, mengelola dan berani menanggung resiko untuk menciptakan usaha dan peluan berusaha. Kewirausahaan secara esensi adalah suatu sikap mental, pandangan, wawasan serta pola piker terhadap tugas yang menjadi tanggung jawabnya dan selalu berorientasi kepada konsumen atau semua tindakan yang mampu memberikan nilai terhadap tugas dan tanggung jawabnya (Burgess, 1993).
Initi dari kewirausahaan adalaj kemampuan untuk menciptakan sesuatu hal yang baru dan berbeda dengan tindakan yang kreatif dan inovatif untuk menghadapi segala tantangan. Hakekatnya kewirausahaan adalah sifat, cirri, dan watak seseorang yang memiliki kemauan dalam mewujudkan gagasan inovatif ke dalam dunia secara nyata.

Dari beberapa konsep kewirausahaan yang dipaparkan, maka hakekat dari kewirausahaan dapat dituangkan dalam 6 konsep, yaitu kewirausahaan adalah nialai yang diwujudkan dalam tindakan seseorang dan dijadikan dasar sumber daya, tujuan, siasat, dan hasil bisnis (Sanusi, 1994). Kewirausahaan adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda. Kewirausahaan adalah suatu proses penerapan kreativitas dalam memecahkan persoalan dan menemukan perluan untuk memperbaiki kehidupan (Zimmerer, 1996). Kewirausahaan adalah suatu nilai yang digunakan untuk memulai suatu usaha dan mengembangkan usaha (Prawiro, 1997). Kewirausahaan adalah suatu nilai untuk mengerjakan sesuatu yang baru dan berbeda dan memberikan nilai tambah. Kewirausahaan adalah usaha menciptakan nilai tambah dengan jalan mengkombinasikan sumber daya melalu cara baru dan berbeda untuk unggul dalam persaingan.
Kewirausahaan dalam segi karakteristik prilaku adalah mereka yang mendirikan, mengelola, mengembangkan, melembagakan perusahaan miliknya sendiri. Wirausaha adalah mereka yang bsa menciptakan kerja bagi orang laindengan berswadaya. Artinya bahwa setiap orang yang mempunyai kemampuan normal, bias menjadi wirausaha berdasarkan kemauan dan mempunyai kesempatan untuk belajar dan berusaha. Ada dua unsure pokok yang dilibatkan dalam berwirausaha  yaitu peluan dan kemampuan menanggapi peluang. Berdasarkan hal tersebut, maka definisi kewirausahawan adalah tanggapan terhadap peluang usaha dalam tindakan serta menghasilkan organisasi yang melembaga, produktif, dan inovatif (Pakerti,1997).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar