Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

Faktor-Faktor yang Menyebabkan kegagalan Wirausaha


Suatu kegiatan usaha memiliki faktor-faktor yang menyebabkan usaha tersebut gagal. Menurut Zimmerer dalam Suryana (2003) ada beberapa faktor yang menyebabkan wirausaha gagal dalam menjalankan usaha barunya, yaitu wirausahan tidak berkompeten dalam manajerial. Hal ini menjadi penyebab utama suatu usaha menjadi kurang berhasil, ini dapat disebabkan oleh kurangnya keterampilan dan pengetahuan untuk memanajemen bisnisnya. Kurang berpengalaman dalam kemampuan mengkoordinasi, keterampilan mengelola sumber daya manusia maupun mengintegrasikan operasi perusahaan. Maka sifat kepemimpinan perlu dilatih dan dikembangkan oleh seorang wirausahawan.
Tidak dapat mengendalikan keuangan, hal ini perlu diperhatikan karena untuk menjaga eksistensi suatu usaha maka hal yang harus dilakukan adalah memelihara aliran kas. Mengatur pengeluaran dan penerimaan secara cermat dan teliti. Kegiatan perusahaan akan bergantung pada kondisi keuangan perusahaan. Gagal dalam perencanaan. Perencanaan yang matang dan terstruktur adalah titik awal dari suatu kegiatan. Namun sering sekali perencanaan terlalu sulit untuk diwujudkan sehingga usaha “berhenti” di tengah jalan.
Lokasi yang kurang memadai, lokasi usaha yang strategis merupakan factor yang menentukan keberhasilan usaha. Pengawasan peralatan yang kurang, pengawasan dilakukan agar sumber daya yang digunakan efektif dan efisien. Kurangnya pengawasan akan mengakibatkan pemborosan pada sumber daya. Sikap yang kurang sungguh-sungguh dalam berusaha juga menjadi factor yang menyebabkan kegagalan usaha. Sikap yang setengah-setengah terhadap usaha akan mengakibatkan usaha yang dijalankan menjadi tidak terarah, sehingga potensi kegagalan akan semakin besar.


Ketidakmampuan dalam melakukan transisi atau peralihan usaha juga menjadi faktor yang menyebabkan kegagalan bisnis. Wirausaha harus siap dalam mengahadapi kondisi yang tak terduga dan siap melakukan perubahan yang menguntungkan. Keberhasilan bisnis bias diperoleh apabila berani mengadakan perubahan dan mampu membuat peralihan setiap waktu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar