Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

Menemukan Peluang Usaha

Peluang usaha diperoleh dari adanya kebutuhan dari individu atau masyarakat. Oleh karena itu jika ingin memulai suatu usaha, hendaknya kita mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di masa yang akan dating. Untuk memahami kebutuhan suatu masyarakat maka diperlukan suatu diagnose terhadap lingkungan secara keseluruhan yang meliputi beberapa faktor yaitu ekonomi, politik, pasar, persaingan hingga social dan geografi.
Perubahan kebutuhan masyarakat senantiasa berubaha seiring dengan lingkungan usaha yang berubah setiap saat. Untuk menemukan suatu peluan usaha maka seorang wirausahawan hendaknya menggali informasi mengenai perubahan lingkungan usaha dan kebutuhan masyarakat. Informasi tersebut dapat diperoleh dari lembaga atau intansi pemerintah, media massa, pasar atau melakukan wawancara dengan konsumen. Jadi peluang usaha senantiasa ada karena perubahan terus berlangsung mulai dari inividu hingga ke masyarakat. Kemampuan dalam melihat peluang tergantung dari informasi yang kita peroleh tentang faktor lingkungan usaha.

Dalam menemukan peluang usaha, kita dapat menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan in-side-out atau dari luar ke dalam dan pendekatan dari luar ke dalam. Pendekatan dari dalam ke luar adalah keberhasilan akan dapat diraih dengan memenuhi kebutuhan yang ada saat ini. Pendekatan dari luar ke dalam menunjukkan keberhasilan akan dapat diraih dengan menciptakan kebutuhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar