Peluang usaha diperoleh dari adanya
kebutuhan dari individu atau masyarakat. Oleh karena itu jika ingin memulai
suatu usaha, hendaknya kita mengidentifikasi kebutuhan masyarakat di masa yang
akan dating. Untuk memahami kebutuhan suatu masyarakat maka diperlukan suatu
diagnose terhadap lingkungan secara keseluruhan yang meliputi beberapa faktor
yaitu ekonomi, politik, pasar, persaingan hingga social dan geografi.
Perubahan kebutuhan masyarakat
senantiasa berubaha seiring dengan lingkungan usaha yang berubah setiap saat.
Untuk menemukan suatu peluan usaha maka seorang wirausahawan hendaknya menggali
informasi mengenai perubahan lingkungan usaha dan kebutuhan masyarakat.
Informasi tersebut dapat diperoleh dari lembaga atau intansi pemerintah, media
massa, pasar atau melakukan wawancara dengan konsumen. Jadi peluang usaha
senantiasa ada karena perubahan terus berlangsung mulai dari inividu hingga ke
masyarakat. Kemampuan dalam melihat peluang tergantung dari informasi yang kita
peroleh tentang faktor lingkungan usaha.
Dalam menemukan peluang usaha, kita dapat menggunakan dua pendekatan, yaitu pendekatan in-side-out atau dari luar ke dalam dan pendekatan dari luar ke dalam. Pendekatan dari dalam ke luar adalah keberhasilan akan dapat diraih dengan memenuhi kebutuhan yang ada saat ini. Pendekatan dari luar ke dalam menunjukkan keberhasilan akan dapat diraih dengan menciptakan kebutuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar