Social Icons

Pages

Senin, 19 Januari 2015

Keuntungan dan Kerugian Wirausaha


Setiap kegiatan di dunia ini pastinya memiliki keuntungan dan kerugian. Keuntungan dan kerugian bagaikan dua sisi mata uang yang tak dapat dipisahkan. Menurut Ilik (2010) terdapat keuntungan dan kerugian ketika seseorang membuat pilihan sebagai wirausahawan. Keuntungan dari wirausahawan adalah otonomi, tantangan awal dan perasaan motif berprestasi, kontrol financial, serta memiliki legitimasi moral yang kuat untuk mewujudkan kesejahteraan dan menciptakan kesempatan kerja.
Otonomi berakitan dengan pengelolaan yang bebas dan tidak terikat membuat seorang menjadi di kerajaan bisnisnya sendiri dan memiliki kehendak penuh terhadap kebijakan bisnisnya. Menurut Kiyosaki yang menyatakan pilihan wirausaha untuk memperoleh suatu kebebasan. Peluang untuk mengembangkan konsep usaha yang dapat menghasilkan keuntungan yang besar juga menjadi motivasi bagi wirausahawan.
Seorang wirausahawan memiliki kebebasan dalam mengelola keuangan dan memiliki kekayaan penuh terhadap bisnis yang dijalankan. Seorang wirausahaan mampu mewujudkan lapangan kerja serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dikarenakan target wirausahawan adalah masyarakat kelas menengah ke bawah, sehingga mereka memiliki peranan penting dalam proses trickling down effect.
Selain keuntungan di atas, terdapat beberapa kerugian ketika seseorang memilih menjadi wirausahawan. Kerugian tersebut yaitu pengorbana personal, pada awal mendirikan usaha, wirausahawan akan sibuk dalam mengembangkan dan menjalankan bisnisnya. Hal ini akan memberikan waktu yang lebih sedikit kepada lingkungannya. Beban dan tanggung jawab, wirausahawan harus mengelola semua fungsi bisnis baik pemasaran, keuangan, persediaan dan lain-lain. Kecilnya marjin keuntungan dan kemungkinan gagal. Hal ini merupakan resiko terbesar bagi wirausahawan, karena wirausahawan menggunakan keuntungan yang kecil dari keuangan milik sendiri.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar